8 Cara Efektif Untuk Mencegah Tertular Virus Corona

  • Whatsapp

Penyebaran virus Corona kini terus meluas di berbagai belahan dunia. Bahkan di Indonesia jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 terus bertambah. Sehingga dibutuhkan kesadaran dari setiap individu untuk mempunyai rasa tanggung jawab terhadap individu lain agar tidak ikut berperan dalam penyebaran virus Corona ini.

Tentunya kita perlu waspada agar terhindar dari wabah virus Corona sehingga penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas. Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya seperti physical distancing dan lain-lain.

Read More

Maka dari itu diperlukan pencegahan sebab virus Corona mampu bertahan hidup di permukaan benda mati selama beberapa jam hingga berhari-hari. Dilansir dari WHO, Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) dan Kementerian Kesehatan, berikut cara pencegahan agar terhindar dari virus Corona.

Cara Terhindar dari Virus Corona

1. Cuci Tangan

Dianjurkan untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan dibilas dengan air yang mengalir selama 20 detik sebab tangan menjadi sumber dari penyebaran penyakit sekitar 98 persen. Langkah ini efektif untuk membunuh bakteri, kuman, dan virus.

Jika tidak tersedia air dan sabun, maka anda bisa menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan yang memiliki kandungan paling tidak 60 persen alkohol. Berikutnya hindari menyentuh mata, hidung dan mulut jika belum mencuci tangan.

2. Jaga Jarak Fisik (Physical Distancing)

Pemerintah sudah memberi himbauan untuk menerapkan langkah ini sebagai salah satu upaya mencegah diri dari terinfeksi virus Corona. Setidaknya anda memiliki jarak kurang lebih satu meter dengan orang lain.

Bahkan jaga jarak tidak hanya berlaku di tempat umum saja melainkan di rumah juga bisa diterapkan. Selain itu penting juga untuk tidak berbagi barang pribadi seperti peralatan makanan, ponsel dan yang lainnya.

3. Menghindari Kontak Dekat

Masih berkaitan dengan poin nomor 2, sebaiknya hindari kontak dengan orang lain seperti berjabat tangan dan berpelukan. Ini penting dilakukan karena kita tidak tahu persis siapa yang sudah terinfeksi virus Corona, apalagi beberapa penderita tidak menampakkan gejala.

4. Jauhi Kerumunan

Penularan virus Corona sangat mungkin terjadi di tempat keramaian apalagi jika disana terdapat orang yang terjangkit virus Corona. Bahkan peraturan terkait hal ini sudah dibuat oleh Pemerintah bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia dan juga pihak terkait lainnya.

Sehingga dengan peraturan tersebut banyak yang merasakan dampaknya seperti tempat makan, pasar, gedung olah raga dan juga tempat ibadah. Ini perlu dilakukan agar pandemi Covid-19 cepat berakhir.

5. Pakai Masker Jika Sakit

Gunakanlah masker jika anda merasa sakit dan berada di sekitar orang lain. Masker juga penting digunakan ketika anda berada di dalam kantor penyedia layanan kesehatan. Apabila anda tidak menggunakan masker sebaiknya mengetahui etika ketika bersin dan batuk.

Tutuplah hidung dan mulut saat bersin dan bantuk supaya orang yang berada di sekitar anda tidak terkena percikan kelenjar liur. Anda bisa menggunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk.

6. Di Rumah Aja

Akhir-akhir ini sedang trending hashtag #dirumahaja sebagai langkah untuk mengantisipasi virus Corona dari para netizen. Ya, himbauan untuk tetap berada di rumah terus digalakkan oleh Pemerintah agar bisa meminimalisir penyebaran Covid-19.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Achmad Yurianto selaku juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona menyebutkan bahwa anak muda memiliki potensi besar sebagai pembawa mikroorganisme SARS-CoV-2 yang menjadi sebab Covid-19.

Dengan begitu, anak muda sangat mungkin menjadi penular virus Corona kepada orang tua atau manula (manusia usia lanjut). Jadi mulai sekarang sebaiknya di rumah aja.

7. Update Informasi Terkini Terkait Virus Corona

Selalu ikuti perkembangan informasi terbaru mengenai Covid-19. Penyedia layanan kesehatan dan otoritas kesehatan publik nasional maupun lokal akan selalu memberikan saran agar bisa melidungi diri sendiri dan juga orang lain dari wabah ini.

Pihak-pihak tersebut akan selalu memperbarui informasi tentang daerah-daerah yang masuk dalam zona merah atau kuning dari penyebaran virus Corona. Ikuti saran-saran yang diberikan demi kepentingan kita bersama.

8. Periksa Jika Mengalami Gejala Covid-19

Apabila anda merasa tidak enak badan atau kurang sehat, tetaplah di rumah. Hubungi dan cari bantuan medis jika anda merasa demam, batuk dan juga kesulitan bernapas. Selalu ikuti intruksi otoritas kesehatan di tempat anda.

Dengan menghubungi layanan kesehatan setempat terlebih dahulu dengan cepat, membuat anda tahu langkah apa yang harus dilakukan dan anda akan diarahkan ke fasilitas layanan kesehatan yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *