7 Cara Efektif Mencegah Virus Corona Pada Bayi & Anak

  • Whatsapp

Umumnya virus Corona menjangkiti orang dewasa, namun bukan berarti bayi dan anak tidak berisiko terinfeksi Covid-19. Maka dari itu, para orang tua perlu mengetahui cara mencegah virus Corona supaya penularannya pada bayi dan anak bisa diminimalisir.

Bahkan di beberapa kasus sudah ditemukan infeksi virus Corona pada bayi dan anak. Gejala yang terjadi pada bayi dan anak hampir mirip dengan gejala pada orang dewasa. Tentu hal ini membuat para orang tua merasa resah.

Read More

Diperlukan edukasi kepada anak tentang masalah ini supaya anak bisa mengerti apa yang harus dilakukan seperti penggunaan masker dan juga etika ketika batuk dan bersin. Jadi para orang tua wajib mengetahui langkah-langkah pencegahan Covid-19 pada bayi dan anak berikut ini.

Cara Mencegah Terinfeksi Virus Corona

Walaupun sampai sekarang belum ditemukan secara pasti obat atau vaksin untuk mengobati maupun mencegah virus Corona, setidaknya para orang tua bisa melakukan beberapa langkah untuk melindungi sang buah hati.

1. Berikan ASI secara rutin, hal ini sangat penting sebab banyak nutrisi dan antibodi yang terkandun di dalam ASI. Ini sangat baik untuk melindungi buah hati anda dari berbagai penyakit.

2. Cucilah tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik. Jika berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan itu, gunakanlah hand sanitizer.

Langkah ini sebaiknya dilakukan sebelum anda menyentuh, menyusui, menggendong dan juga memberi makan anak. Ajari juga anak anda tentang cuci tangan yang benar.

3. Usahakan anak anda tidak berada di dekat orang yang sedang sakit, apalagi pasien positif virus Corona.

4. Jika sedang batuk atau pilek, pakailah masker.

5. Gunakan tisu untuk menutup mulut hidung dan mulut ketika batuk dan bersin. Setelah itu buang tisu dan segera cuci tangan.

6. Berikanlah anak asupan makanan bergizi. Sebab makan yang kaya akan gizi bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh anak sehingga baik untuk melawan infeksi. Pastikan juga makanan yang diberikan sudah benar-benar matang.

7. Ajak anak untuk berolah raga minimal 30 menit setiap hari. Pilihlah olah raga yang disukai oleh anak anda supaya tubuh mereka aktif bergerak yang berguna untuk menjaga kesehatan.

Pencegahan yang dilakukan pada anak sebetulnya sama saja yang dilakukan oleh orang dewasa, hanya saja pada anak perlu ditambah dengan imunisasi.

Ada sedikit perbedaan gejala virus Corona pada anak dengan orang dewasa seperti kurang mau menyusu dan minum, diare, lemas dan juga kurang aktif. Apabila anak kurang sehat, biarkan istirahat di rumah atau periksa ke dokter untuk mendapatkan perlakuan yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *