Cara Mudah Screenshot (Mengambil Gambar) di HP & Laptop

0
110

Tangkapan layar adalah gambar yang diambil dari apa pun yang ada di layar anda, ini merupakan cara yang praktis untuk berbagi semua hal. Termasuk membagikan sesuatu yang pernah anda lihat online, atau mungkin komputer anda mengalami gangguan dan ingin menunjukkan dukungan teknis apa yang anda lihat.

Ada banyak cara berbeda untuk menangkap layar di Android atau PC, semua tergantung jenis dan perangkat yang anda gunakan. Dalam panduan ini saya akan menunjukkan kepada anda beberapa metode termudah untuk menangkap layar dan menyimpannya sebagai gambar PNG atau JPG.

Inilah beberapa metode untuk menangkap layar di Android dan PC.

Cara Screenshot di Android

Mungkin anda suka?

11 Aplikasi Perekam Layar Terbaik, Paling Populer di Android

1. Menggunakan Tombol

Cara paling umum untuk menangkap layar di Android, baik itu Samsung, Asus, Oppo, Vivo, Xiaomi, Advan dan smartphone lainnya adalah dengan menekan tombol Power dan Volume Down.

​Lihat cara penerapannya dibawah ini.​​

  • Pertama, cari objek yang ingin di screenshot.
  • Selanjutnya tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.
  • Tunggu hingga layar berkedip dengan suara khas seperti sedang memotret.
  • Hasil tangkapan layar akan langsung tersimpan ke Galeri.

⚠️ Screenshot tidak dapat dilakukan ketika anda menggunakan mode penyamaran (incognito) di web browser.

Selain dengan menekan tombol fisik, ada banyak cara lain yang bisa anda gunakan untuk menangkap layar di smartphone Android. Seperti “swiping gesture” yaitu dengan meletakkan tangan anda dalam posisi “karate chopping” di sebelah sisi layar dan perlahan menggesernya ke sisi sebelahnya.

Namun metode ini hanya dapat dilakukan pada ponsel keluaran terbaru saja, seperti Samsung seri S dan J. atau Vivo V9 dan beberapa seri lainnya.

Lihat video dibawah ini untuk lebih jelasnya.

2. Menggunakan Aplikasi

Cara kedua anda bisa menggunakan aplikasi untuk screenshot di Android. Ini juga termasuk cara yang mudah untuk menangkap layar tanpa perlu menekan tombol. Ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan, salah satunya yang terbaik menurut kami adalah Screen Master.

Kami sudah melewati banyak aplikasi screenshot di Android, namun tidak satupun aplikasi yang dapat menyimpan hasil tangkapan layar ke galeri handphone. Mereka juga bekerja untuk mengembangkan aplikasi, jadi semua hasil tangkapan layar anda akan masuk dan berada di aplikasi itu sendiri.

Tapi tenang saja, dalam aplikasi Screen Master anda bisa melakukan banyak hal, termasuk mengedit, memotong, mewarnai, menambahkan teks, stiker dan beberapa efek lainnya.

Dalam aplikasi ini anda juga dapat membagikan atau mengirim hasil tangkapan layar anda, baik itu melalui bluetooth, email, Facebook, WhatsApp, Messenger dan beberapa media lainnya.

Cara menggunakan Screen Master sangat mudah, anda dapat melihat dan mengikuti panduan dibawah ini.

  • Pada tampilan awal, ketuk Aktifkan screen capture maka akan muncul ikon kecil di sisi layar.
  • Sekarang anda dapat menutup aplikasi, kemudian cari objek yang ingin anda screenshot.
  • Tekan ikon kecil tersebut untuk menangkap objek anda. Jika sudah, klik Simpan.

Untuk melihat hasilnya, anda cukup membuka aplikasi lalu masuk ke menu Tangkapan layar. Disana anda dapat mengedit, menghapus dan membagikan file.

Dalam aplikasi ini anda dapat mengatur proses pengambilan gambar. Ada 2 cara yang bisa anda gunakan, yaitu mengaktifkan Tombol mengambang atau Menggoyangkan ponsel anda.

Cara Screenshot di Laptop

Mengambil gambar tangkapan layar di laptop juga tidaklah sulit, bahkan bisa jauh lebih mudah jika anda tau caranya. Dalam panduan ini saya akan menunjukkan dua cara screenshot paling umum dan juga paling mudah di jalankan.

1. Menggunakan Keyboard

Tombol Print Screen pada keyboard komputer dapat mengambil tangkapan layar dan menyimpannya sebagai file. Tombol layar ini biasanya diberi label “PrtScn”, “PrntScrn”, “Print Scr”, atau yang serupa.

Pada sebagian besar keyboard, tombol ini biasanya ditemukan antara F12 dan Pause Break. Dengan tombol ini memungkinkan anda dapat mengambil seluruh objek atau halaman yang ingin anda screenshot dan menyimpannya sebagai format JPEG, PNG, GIF, dan beberapa format lainnya.

Cara penerapannya sangat mudah, anda dapat melihat dan mengikuti panduan di bawah ini.

  • Pertama, cari objek atau halaman yang ingin di screenshot.

  • Selanjutnya tekan tombol Print Screen (PrtSc) pada keyboard.
  • Buka aplikasi Paint di komputer anda, kemudian klik tombol Paste.

  • Sekarang anda dapat mengedit gambar tersebut sesuai yang anda inginkan. Jika sudah, klik Simpan.

⚠️ Jika anda bingung mencari aplikasi Paint, anda dapat mencarinya menggunakan tombol Search di komputer. Aplikasi ini biasanya sudah tersedia di semua versi Windows, tetapi tampilannya mungkin agak berbeda tergantung jenis Windows yang anda gunakan.

2. Menggunakan Aplikasi

Jika ingin cara yang lebih simple namun efektif untuk mengambil tangkapan layar, anda bisa menggunakan aplikasi bernama Snipping Tool. Ini adalah aplikasi screenshot paling populer dan paling mudah menggunakannya.

Dengan Snipping tool anda dapat mengambil tangkapan layar, baik itu seluruh halaman atau objek tertentu saja. Cara penerapannya juga sangat mudah, ketika anda sudah menginstalnya, cukup tekan tombol New lalu arahkan kursor mouse anda untuk mengambil objek.

Snipping tool adalah aplikasi yang ringan dan dapat bekerja dengan baik di hampir semua platform Windows, termasuk XP, Vista, win7, 8, 9, 10. Proses menggunakan juga sama dengan apa yang kami terangkan dalam artikel ini.

Kesimpulan

Jadi, mengambil tangkapan layar di hp dan laptop sangat mudah? Tentu saja, selama ada cara yang mudah kenapa harus dibuat sulit. Kami akan terus berusaha membuat tutorial yang mudah selama kami mampu melakukannya.

Jadi kunjungi terus halaman kami untuk mendapat informasi terbaru yang tentunya bermanfaat untuk anda. Sekian..