Manfaat Teknologi pada Era Millenial: Sebuah Gambaran & Kepedulian

  • Whatsapp

Teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan di era milineal sekarang ini. Mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga mata terpejam kembali saat malam hari teknologi selalu hadir menemani hari-hari kita.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi selalu berubah mengikuti kebutuhan hidup manusia. Berkat teknologi kemudahan dalam beraktivitas dapat dirasakan oleh masyarakat.

Read More

Pengguna teknologi sekarang sangat beragam. Mulai dari generasi X (generasi yang lahir tahun 1966-1976), generasi Y (generasi yang lahir tahun 1980-1995), dan generasi Z (generasi yang lahir tahun 1995-2010).

Sebuah tulisan yang berjudul The Generation Guide – Millenials, Gen X, Y, Z and Baby Boomers pada situs fourhooks.com menjelaskan perbedaan perilaku dari beberapa generasi tersebut, termasuk perilaku terhadap teknologi dan informasi. Yuk, simak perbedaannya!

1. Generasi X, generasi ini adalah generasi yang lahir pada tahun awal-awal perkembangan teknologi dan informasi, seperti penggunaan PC (personal computer), video games, TV kabel, dan internet.

Generasi ini mampu beradaptasi dan mampu menerima perubahan dengan cukup baik sehingga dapat dikatakan sebagai generasi yang tangguh, memiliki karakter.

2. Generasi Y, generasi ini dikenal dengan sebutan generasi milenial atau milenium. Generasi Y ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instant seperti e-mail, SMS, instant messaging dll.

Hal ini dikarenakan generasi Y adalah generasi yang tumbuh pada era internet booming. Generasi ini lebih terbuka dalam menyampaikan pandangan politik dan ekonomi, sehingga terlihat lebih reaktif terhadap perubahan yang terjadi di sekitar lingkungan.

3. Generasi Z, generasi ini merupakan generasi yang paling muda yang baru memasuki angkatan kerja. Generasi ini biasanya disebut dengan generasi internet atau Igeneration. Generasi Z lebih banyak berhubungan sosial lewat dunia maya. Ia dikategorikan sebagai generasi yang kreatif.

Dilihat dari ketiga generasi di atas, generasi Z adalah generasi lebih dekat dengan teknologi. Mereka lahir saat teknologi internet sudah menjadi budaya global.

Zaman sekarang Smartphone seolah telah menjadi barang wajib yang dimiliki banyak orang. Akses informasi dan komunikasi yang luas seolah telah ‘mendarah daging’ di masyarakat. Bagi kaum milenial memilih smartphone perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Kualitas Kamera

Kamera merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone. Kemampuan kamera merekam foto dan video dengan resolusi tinggi serta fitur mode kamera yang lengkap menambah keistimewaan dari sebuah smartphone.

2. Baterai yang Tahan Lama

Memiliki handphone dengan daya tahan baterai yang tinggi tentu menjadi incaran banyak orang. Apalagi kini kemampuan fast charging sebuah handphone menjadi daya tarik tersendiri.

3. Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan internal handphone yang besar membuat kita lebih praktis menyimpan file, foto, maupun video. Selain itu, kini banyak handphone terbaru yang mampu menyimpan file dengan kapasitas memori eksternal hingga 1 TB.

Selain smartphone, beberapa gadget juga menjadi favorit kaum milenial dewasa ini. Gadget apa sajakah itu? Berikut beberapa gadget selain smartphone yang banyak digunakan dewasa ini:

1. Solar Charger

Daya tahan baterai menjadi pertimbangan kaum milenial dalam memilih gadget. Di tengah padatnya aktivitas, sangat menjengkelkan bila daya baterai hp sudah minim. Solar charger adalah pilihan terbaik untuk mengisi ulang daya baterai smartphone.

2. Action Cam

Kamera GoPro adalah kamera canggih yang banyak diincar kaum milenial dewasa ini. Kamera GoPro seri Hero 6 dilengkapi fitur canggih, prosesor internalnya lebih cepat sehingga meningkatkan performa dan kemampuannya. Kamera ini bisa merekam video 60 frame per second (fps).

3. Drone

Drone adalah sebuah kendaraan udara tanpa awak. Bentuk drone menyerupai helikopter dengan ukuran kecil yang dioperasikan menggunakan remote control. Awalnya drone digunakan oleh pihak militer atau badan pemerintahan.

Kini alat tersebut dapat digunakan oleh seluruh pihak secara meluas. Alat ini menggunakan baterai yang apabila isi daya baterai habis harus segera diisi atau di–charge. Rekomendasi drone dengan harga terjangkau dapat anda temukan di id.valueq.com.

4. Smartwatch

Smartwatch merupakan perangkat personal modern yang tidak hanya untuk mengetahui waktu namun juga memiliki beberapa fitur keren lainnya.

Melalui smartwatch seseorang dapat mengetahui kondisi cuaca, informasi kesehatan tubuh penggunanya, hingga dapat sebagai alat komunikasi dan informasi, seperti menerima pesan, menelepon, hingga mengakses berita terkini.

5. Headset

Penggunaan headset dapat mempermudah seseorang berkomunikasi. Apabila kita sedang di ruangan terbuka yang cukup gaduh, headset dapat digunakan untuk mengetahui panggilan telepon atau notifikasi lain yang ada di smartphone kita.

Salah satu contoh headset terkini dengan harga terjangkau dapat kamu miliki adalah i7s tws.

6. VR Headset

Kacamata virtual reality (VR) adalah kacamata versi canggih dari kacamata 3D yang sempat trend di tahun 90-an. Kacamata ini benar-benar memberikan pengalaman nyata tentang apa yang dilihat, seolah-olah kita benar-benar mengalami kejadian yang ada di layar smartphone.

Apapun gadget yang kita pilih, dampak teknologi telah banyak kita rasakan, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Kelancaran berinteraksi, keluasan informasi, serta kemudahan dalam bekerja/bisnis adalah hal-hal positif yang didapatkan dari pemanfaatan teknologi.

Tak dapat dipungkiri hal-hal negatif dari teknologi pun nyata adanya. Penipuan di dunia maya, konten dewasa yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia, serta tersebarnya berita palsu merupakan tiga contoh dampak negatif dari perkembangan teknologi yang dapat merusak generasi bangsa serta memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Sikap selektif terhadap teknologi perlu diprioritaskan. Kebiasaan dan budaya di Indonesia selayaknya tetap menjadi pegangan dalam bergaul menggunakan teknologi. Biasakan budaya sharing dan saring dalam memilah berita.

Bagikan informasi positif yang valid ke banyak orang, dan untuk informasi yang belum valid kebenarannya, tidak perlu disampaikan ulang ke orang lain.

Kepedulian kita terhadap perkembangan teknologi dapat dimulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga. Berikan penjelasan kepada anak-anak tentang dampak positif dan dampak negatif terhadap teknologi.

Orang tua hendaknya selalu mendampingi putra-putri dalam berinteraksi melaui media teknologi. Bila setiap keluarga memberikan perhatian dan kepedulian lebih terhadap dampak teknologi terhadap masa depan anak, niscaya pemanfaatan teknologi di Indonesia dapat berjalan dengan baik dan bijak. Ayo, mulailah dari sekarang!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *