Virus Corona (Covid-19) Bisa Menyerang Siapa Saja, ini Penyebabnya

  • Whatsapp

Menjangkiti lebih dari 300 ribu orang di seluruh penjuru dunia, kini virus Corona telah menjadi wabah atau pandemi global. Virus ini merupakan jenis baru dari coronavirus yang bisa menular antar manusia.

Mungkin anda sudah mengetahui dari berbagai media masa kalau wabah Covid-19 disebabkan oleh coronavirus yang menyerang sistem pernapasan. Ya, virus ini memang menyebabkan berbagai gejala infeksi pernapasan dari yang ringan hingga yang berat.

Read More

Awalnya virus ini diketahui menular dari hewan ke manusia, namun setelah itu diketahui kalau virus ini juga bisa menular dari manusia ke manusia. Lantas apa yang menjadi penyebab virus Corona menginfeksi seseorang? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Penyebab Terjangkit Virus Corona

Ada beberapa cara yang menjadi penyebab seseorang tertular virus Corona, berikut diantaranya:

1. Percikan air liur dari batuk dan bersin penderita virus Corona yang tidak sengaja dihirup oleh orang lain.

2. Cipratan ludah penderita virus Corona yang ada diatas permukaan benda disentuh oleh orang lain dan orang tersebut tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh mulut dan hidung.

3. Terjadinya kontak jarak dekat dengan penderita virus Corona, seperti bersalaman atau bersentuhan.

Hal yang perlu diketahui bahwa Covid-19 bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Namun yang lebih fatal, jika virus ini menginfeksi orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, orang lanjut usia, ibu hamil dan juga orang yang sedang sakit.

Dikutip dari detikNews, beberapa kasus Covid-19 yang menginfeksi anak muda memperlihatkan gejala yang tidak terdeteksi sehingga perlu menjadi perhatian bagi kita semua.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus corona (COVID-19), Achmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta pada Sabtu (21/3/2020). Ia berujar meskipun anak muda memiliki daya tahan tubuh yang baik namun tetap beresiko tertular Covid-19.

Dengan begitu virus Corona justru dapat menyebar lebih cepat karena gejala pada anak muda tidak tampak sehingga bisa menyebar kepada orang yang berada di sekitarnya. Sebab ia merasa sehat sehingga tidak mengisolasi diri.

Bahkan pernyataan serupa juga disampaikan oleh Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku Sekjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ia secara khusus memberi peringatan kepada anak muda, meskipun mereka mempunyai daya tahan tubuh yang lebih kuat namun bukan berarti anak muda kebal terhadap serangan virus Corona.

Maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan jaga jarak atau social distancing. Dengan begitu penyebaran virus Corona (Covid-19) bisa teratasi. Semoga kita bisa lebih peduli untuk menjaga kebersihan dan wabah ini bisa berakhir secepat mungkin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *