√ Cara Kompres Foto Hingga 90% Tanpa Merusak Kualitasnya

  • Whatsapp

Mengurangi ukuran file JPEG atau PNG tanpa merusak kualitasnya adalah hal yang wajib saya lakukan. Tidak hanya untuk keperluan website, tetapi juga untuk memposting gambar di media sosial. Tujuannya tidak lain agar proses upload menjadi lebih cepat, juga hemat data.

Resep untuk mengurangi ukuran gambar yang hingga saat ini masih saya gunakan adalah dengan bantuan situs kompresi online.

Read More

Ada 6 situs yang akan saya jadikan inti bahasan artikel ini, yang mana diantaranya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Dengan bantuan situs ini, memungkinkan kita dapat mengurangi ukuran foto hingga 90% bahkan hanya dalam hitungan detik.

Kompres Foto Anda dengan 6 Situs Terbaik Ini

Format gambar standar yang dapat dibuka pada berbagai macam device adalah JPEG dan PNG. Sebelum mengunggahnya ke internet, pastikan file tersebut menggunakan salah satu format JPEG atau PNG.

Untuk mengurangi ukuran filenya, kamu bisa memilih salah satu alat dibawah ini.

1. Optimizilla

OptimiZilla

Jika untuk keperluan website, Optimizilla bisa kamu andalkan untuk mengoptimalkan gambar pada featured post. Seperti kita ketahui featured post umumnya menggunakan size gambar yang cukup besar serta resolusi yang cukup tinggi, jika tidak maka akan terlihat buram.

Nah tools ini bisa kamu gunakan untuk mengurangi ukuran filenya. Optimizilla bekerja dengan mengurangi intensitas warna pada suatu objek, mengkonversi file PNG dan JPEG lebih dari 60% sehingga file yang dihasilkan jauh lebih kecil.

Apakah 60% masih kurang?

Pada tab sebelah kanan, kamu dapat mengontrol tingkat kompresi dan preview. Mengurangi penggunaan warna dan mengubahnya menjadi lebih kecil, bahkan lebih optimal.

Kunjungi Situs >

2. TinyPng

TinyPng

TinyPng adalah situs kompresi gambar paling populer, dimana banyak pemilik blog yang menggunakan tools ini untuk keperluan situs mereka. TinyPNG menggunakan teknik kuantisasi dengan mengurangi jumlah warna file PNG atau JPEG 24-bit dapat dikonversi menjadi gambar berwarna yang diindeks 8-bit yang jauh lebih kecil.

Apakah dengan mengkompres 70% kualitas gambar masih bagus?

Kamu bisa mencobanya sendiri, lalu bandingkan hasil kompresi dan gambar asli yang hampir 90% tidak ada perbedaan.

Tools ini sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan gambar pada featured post. Tapi untuk gambar-gambar di dalam artikel, tools ini kurang mempuni untuk melakukannya.

Kunjungi Situs >

3. Iloveimg

Iloveimg

Tools kompres online berikutnya ada Iloveimg. Tools ini juga sangat direkomendasikan untuk keperluan blog atau website personal. Saya sendiri menggunakan tools ini untuk mengoptimalkan gambar-gambar di dalam artikel.

Iloveimg mampu mengkonversi file PNG atau JPEG secara otomatis hingga 80%, sehingga ukuran yang dihasilkan jauh lebih kecil dari gambar asli.

Apakah dengan mengkompres 80% kualitas gambar masih tetap bagus?

Jika gambar tersebut untuk featured post sepertinya tools ini kurang rekomended, pasalnya hasil kompresi terlihat agak berbeda dari gambar asli. Namun untuk keperluan gambar didalam artikel, iloveimg sangat direkomendasikan.

Oya, tools ini juga punya alat-alat lain lho, seperti meresize gambar, memotong, merubah jenis file dan masih banyak alat-alat lain yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Kunjungi Situs >

4. Compressor.io

compressor.io

Berikutnya ada Compressor.io termasuk alat kompres terbaik yang dapat mengurangi ukuran gambar secara drastis hingga 90%. Waw…

Tapi apakah hasil kompresi terlihat baik?

Bisa kita lihat pada gambar di atas, hasil kompres 80% tersebut terlihat agak berbeda dari gambar asli. Namun tools ini tetap saya rekomendasikan untuk keperluan blog atau website personal, dimana gambar-gambar didalam artikel tidak membutuhkan kualitas tinggi. Sehingga dapat mengoptimalkan secara keseluruhan situs.

Kunjungi Situs >

5. Compressnow

Compressnow

Compressnow dapat diklasifikasikan sebagai alat kompress yang ramah pengguna. Pada layanan ini kamu dapat menaikkan dan menurunkan level kompres, dimana secara default adalah 20%. Dengan menaikkan level persentasenya, maka kamu bisa mendapatkan hasil kompresi terkecil bahkan hingga 1 KB.

Apakah alat kompres ini direkomendasikan?

Ya, saya pribadi sangat merekomendasikan untuk menggunakan tools ini, baik untuk keperluan website ataupun keperluan lain yang membutuhkan banyak gambar pada satu halaman.

Kunjungi Situs >

6. Hipdf.com

Hipdf.com

Satu lagi alat kompres terbaik versi pingkoweb, yaitu Hipdf.com layanan ini dapat mengurangi ukuran gambar hingga 90%, bahkan hasilnya tidak jauh berbeda dengan gambar asli.

Tidak hanya untuk mengkompres foto atau gambar, Hipdf juga punya banyak alat lain yang bisa kamu gunakan. Seperti memotong, meresize, memutar gambar dan ada juga alat-alat lain yang bisa kamu temukan pada tab semua alat.

Apakah tools ini direkomendasikan?

Sepertinya untuk urusan gambar, tools ini kurang begitu direkomendasikan karena memang layanan ini lebih dikhususkan untuk mengkonversi file-file PDF. Seperti PDF ke Word, PDF ke Excel, PDF ke GIF, PDF ke PNG dan masih banyak alat lainnya.

Oya, layanan ini juga dapat diakses secara offline lho, kamu tinggal mengunduh dan menginstal aplikasinya di perangkat. Mudah bukan?

Kunjungi Situs >

Jadi, mana situs kompresi terbaik menurut kamu?

Jika ada rekomendasi yang lebih baik, jangan sungkan ya untuk menambahkannya di kolom komentar. Ditunggu guys…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *