TOP 9 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik [100% Ampuh]

0
405

Apakah Baterai Android anda cepat habis? Sudah di cas seharian, tapi masa pakai tidak optimal?

Jangan dibawa ke bengkel dulu ya!, Berikut ada beberapa aplikasi yang dapat membantu anda untuk menghemat daya sekaligus mengoptimalkan kinerja Baterai. Sehingga aktivitas bermain game dan media sosial anda tidak terganggu.

Sebelum anda mencoba beberapa aplikasi ini, kami memiliki pengalaman sekaligus tips bagaimana cara menghemat daya Beterai smartphone yang benar-benar ampuh.

😍 Tips Menghemat Daya Baterai

Ada banyak cara yang berbeda untuk menghemat daya baterai Android, namun 3 tips dibawah ini adalah termasuk yang paling penting dan wajib dilakukan untuk menghemat pemakaian Baterai.

✅ Matikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Mungkin anda belum tau bahwa beberapa aplikasi bawaan pabrik ada yang berjalan di belakang layar. Contohnya: seperti Gmail, YouTube, Babe, dan aplikasi Cleaner juga termasuk.  Anda bisa cek aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang.

Cara ngeceknya, anda bisa masuk ke menu Pengaturan › pilih Manager aplikasi › pilih aplikasi yang sedang berjalan › pilih Stop/Berhenti.

Selain aplikasi bawaan pabrik, beberapa aplikasi yang wajib di instal di HP juga ada yang berjalan di latar belakang, anggap saja seperti BBM, Facebook, Messenger, dan WA.

Selain dengan cara mematikan, anda juga bisa stop notifikasi dari semua aplikasi tersebut. Dengan cara ini setidaknya 15% daya baterai telah di hemat.

✅ Hapus Aplikasi Tidak Diperlukan

Mengurangi aplikasi yang terinstal di smartphone selain dapat meringankan kinerja system, juga dapat menghemat daya baterai smartphone. Mungkin kurang lebih sekitar 5% baterai telah di hemat.

✅ Redupkan Layar

Semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterai habis. Meredupkan layar setidaknya dapat menghemat daya baterai kurang lebih 10%, luamayan kan.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Penghemat Baterai?

Berbeda dengan tips di atas, beberapa aplikasi penghemat baterai memang benar-benar bekerja untuk penghematan konsumsi daya baterai dengan fitur khusus.

Salah satu fitur tersebut adalah Hibernate atau Hibernation (Hibernasi). Fitur ini memiliki fungsi untuk menidurkan atau menonaktifkan sementara proses dari suatu aplikasi yang berjalan. Apabila aplikasi digunakan kembali, maka secara otomatis proses yang sudah di hibernasi tadi akan dibangunkan dan berjalan secara normal.

Apa saja aplikasi penghemat baterai yang benar-benar ampuh?

Berikut Daftar Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik

7 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang & Pulsa Terpercaya

1. Penghemat Daya Baterai

Penghemat Daya Baterai

Aplikasi ini berfungsi untuk mengoptimalkan serta dapat mendeteksi langsung masalah pada baterai. Anda akan mendapatkan daya ekstra cukup dengan menginstal aplikasi tanpa perlu melakukan setingan tertentu.

Penghemat daya baterai memiliki system khusus yang akan terus menjaga kesesuaian daya dengan tegangan sepanjang anda beraktivitas dengan smartphone. Artinya, dengan aplikasi ini anda tidak perlu khawatir dengan keamanan baterai dan tidak perlu lagi beralih ke mode hemat.

FiturSpesifikasi
Dapat mendeteksi dan menyelesaikan masalah pada bateraiUkuran 5,3 MB
Dapat mengoptimalkan presentase bateraiInstal 100.000+
Ada widget status sistem, helper dan analyzerRating 3+

Lihat Aplikasi ›

2. Penghemat Baterai

Penghemat Baterai

Aplikasi ini memiliki banyak sekali mode pengaturan yang mudah dioperasikan. Sehingga dengan fitur ini, anda bisa mengelola sendiri besaran daya yang dibutuhkan perhari.

Setiap mengaktifkan aplikasi ini, anda akan mendapatkan notifikasi tentang proses pengisian, beserta visualisasi daya yang masuk ke smartphone. Sehingga anda bisa mencegah terjadinya pengisian daya yang abnormal yang bisa menyebabkan baterai HP kamu rusak.

FiturSpesifikasi
Dapat menghemat hingga 50%Ukuran 2,6 MB
Dapat melindungi telepon dari pengisian burukInstal 100.000+
Otomatis menonaktifkan aplikasi boros dayaRating 3+

Lihat Aplikasi ›

3. DU Battery Saver

DU Battery Saver

Jika anda butuh aplikasi yang simple dan serbaguna, DU Battery Saver mungkin bisa anda coba. Selain dapat menghemat daya, aplikasi ini juga dapat memantau lalu lintas penggunaan daya baterai sehingga anda dapat mengetahui dan menonaktifkan aplikasi apa saja yang menghabiskan daya baterai smartphone.

Ketika anda mengaktifkan fitur pengoptimalan 1 klik, maka aplikasi langsung menemukan dan memperbaiki masalah konsumsi daya baterai dan membuka setelan terperinci untuk menyesuaikan penghematan energi.

FiturSpesifikasi
Dapat mendinginkan CPUUkuran 15 MB
Dapat menyesuaikan mode hemat dayaInstal 100 jt+
Ada widget pengoptimalan 1 klikRating 3+

Lihat Aplikasi ›

4. Power Battery

Power Battery

Power Battery termasuk aplikasi yang serbaguna. Selain dapat menghemat daya, aplikasi ini juga dapat mengelola dan membersihkan memori pada smartphone. Sehingga dengan begitu sistem smartphone menjadi lebih ringan, akses cepat dan baterai tidak boros.

FiturSpesifikasi
Dapat membersihkan memoriUkuran 7,4 MB
Dapat memantau aplikasi boros dayaInstal 50 jt+
Dapat mengelola usia bateraiRating 12+

Lihat Aplikasi ›

5. Avast Battery Saver

Avast Battery Saver

Salah satu aplikasi penghemat daya paling populer dan banyak pengguna, maka avast battery saver adalah jawabannya. Selain dapat memperpanjang masa pakai baterai, Avast juga dapat secara otomatis menghentikan aplikasi yang sedang tidak digunakan serta mengoptimalkan pengaturan perangkat.

Dengan avast, konsumsi baterai akan dikurangi hingga 20% dengan cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Anda juga bisa melakukannya secara manual yaitu dengan cara tekan “Hentikan Aplikasi” untuk meningkatkan kinerja ponsel.

FiturSpesifikasi
Dapat meningkatkan kecepatan perangkatUkuran bervariasi berdasarkan perangkat
Dapat menghemat daya hingga 20%Instal 10 jt+
Dapat mengetahui berapa lama masa pakai baterai secara akuratRating 3+

Lihat Aplikasi ›

6. Kaspersky Battery Life

Kaspersky Battery Life

Kaspersky battery selain dapat meningkatkan daya tahan baterai, aplikasi ini juga dapat mengurangi waktu tunggu pengisian baterai. Otomatis memonitor aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memberi tahu berapa lama sisa daya tahan baterai.

FiturSpesifikasi
Dapat mengontrol aplikasi boros dayaUkurangn 11 MB
Dapat memperkirakan masa pakai baterai secara akuratInstal 1 jt+
-Rating 3+

Lihat Aplikasi ›

7. Super Battery

Super Battery

Super baterai adalah aplikasi penghemat daya yang dilengkapi dengan fitur Battery Extender, Energi Analyzer, Power Manager, Smart Charger, CPU Cooler, Browser Swasta dan Cleaner.

Aplikasi ini juga dapat mendeteksi dan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Meningkatkan kinerja baterai dan memaksimalkan masa pakai baterai secara efektif.

FiturSpesifikasi
Dapat meningkatkan daya tahan baterai 25%Ukuran 12 MB
Dapat mempercepat waktu pengisianInstal 5.000.000+
Dapat membersihkan file sampah yang tidak bergunaRating 3+

Lihat Aplikasi ›

8. Battery Doctor

Battery Doctor

Penghemat baterai selanjutnya ada Battery Doctor. Aplikasi ini mengklaim dirinya mampu menghemat daya hingga 50% dan menjadi aplikasi penghemat nomor 1 yang dibawakan oleh developer Clean Master.

Yang spesial dari aplikasi ini adalah mampu menghentikan aplikasi boros daya dengan 1 kali ketuk. Sehingga dengan begitu pengguna dapat mengontrol aplikasi apa saja yang menghabiskan daya baterai.

FiturSpesifikasi
Dapat memantau status pengisian dayaUkuran 15 MB
Dapat mengetahui berapa lama masa pakai baterai100 jt+
Dapat mengontrol suhu bateraiRating 3+

Lihat Aplikasi ›

9. Battery Booster Lite

Battery Booster Lite

Battery booster merupakan satu-satunya aplikasi yang memiliki desain interaktif. Dengan aplikasi ini anda dapat melihat grafik untuk mengontrol suhu, daya, tegangan baterai serta memantau perubahan kondisi pada baterai.

Disamping itu, aplikasi ini juga memberikan empat modus bawaan untuk menghemat lebih banyak daya. Modus-modus ini menjaga performa sistem dan menghemat baterai di segala kondisi.

FiturSpesifikasi
Dapat mengatur suhu dan kadar bateraiUkuran 5,1 MB
Dapat menambahkan modus penghematan sendiriInstal 5 jt+
Ada fitur "Task killer" untuk menghemat baterai lebih banyakRating 3+

Lihat Aplikasi ›

Demikian, itulah 9 aplikasi penghemat baterai terbaik yang wajib anda coba untuk penghematan konsumsi daya baterai smartphone.